Khasiat Daun Sambiloto Untuk Diabetes Dan Kesehatan

Khasiat daun sambiloto untuk kesehatan tentunya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bagi publik. Tanaman obat ini juga umumnya sering kali menjadi salah satu komposisi dalam pembuatan jamu gendong. Tak hanya itu, kandungan yang terkandung dalam sambiloto juga di yakini dapat menjadi obat diabetes alami. Meski begitu, jarang sekali orang mengetahui, mungkin salah satunya anda. Ingin mengatahui informasi selanjutnya mengenai manfaat dan kahsiat daun sambiloto untuk diabes diabetes dan kesehatan? Simak selengkapnya hanya disini.

Manfaat dan khasiat daun sambiloto untuk diabetes dan kesehatan

manfaat daun sambilotoMenurut penelitian yang di lakukan dalam beberapa saat ini, sambiloto ternyata memiliki kandungan andrographolide dan glukosida doterpen. Kandungan androgapholide sendiri merupakan suatu zat aktif yang bersifat anti-bakteri, anti-diabetes dan juga bersifat anti-kanker. Manfaat utama dari kandungan iniĀ  adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Semua hasil penelitian yang menguji tentang senyawa inipun membuktikan hasil yang positif, yang berarti kandungan tersebut dapat mengatasi penyakit diabetes.

Hal tersebut di buktikan oleh beberapa penelitian yang di lakukan oleh banyak unversitas di Indonesia. Salah satu penelitianpun berasal dari mahasiswa fakultas farmasi UGM yang di lakukan oleh Munawara dan temannya, yang menyebutkan bahwa rebusan daun sambiloto dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus jantan. Sama halnya penelitian yang di lakukan oleh Soedigdo dan temannya dari yang merupakan salah satu mahasiswa fakultas farmasi dari ITB yangmelakukan penelitian pada kelinci. Hasil dari penelitiannya menyebutkan bahwa andrographolide dalam ekstrak sambilito terbukti memiliki efek hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula darah. Penelitian lainnya di lakukan oleh Minggawati pada tahun 1990 yang merupakan mahwasiswa fakultas farmasi, Universitas Widya Mandala. Beliau menyebutkan bahwasannya perpaduan antara ekstrak sambiloto dengan daun kumis kucing dengan perbandingan 7:3 dan di berikan secara oral mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Dengan banyaknya penelitian tersebut, maka dapat di pastikan bahwa kegunaan daun sambiloto untuk penderita diabetes sangatlah baik, terlebih di manfaatkan sebagai obat diabetes tradisional yang juga aman di konsumsi dalam jangka panjang. Karena kencing manis atau diabetes melitus sendiri di tandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang melebihi batas normal, yang megakibatkan tubuh kekurangan insulin.

Cara mengolah daun sambiloto menjadi obat diabetes alami

Daun sambiloto dapat berkhasiat sebagai obat diabetes jika pengolahannya baik dan benar. Dan berikut cara mengolah daun sambiloto yang baik dan benar sebagai obat alami diabetes.
– Ambil daun sambiloto segar kira-kira sebanyak 5 gram, dan cuci hinga bersih.
– Seduh dengan 1 gelas air panas.
– Setelah dingin kemudian saringlah seduhan daun sambilotot tersebut.
– Hasil saringan tersebut kemudian di minum sehari sebanyak 2 kali, yaitu pada pagi dan sore hari setelah makan.

Selain bermanfaat untuk mengatasi diabetes, sambiloto juga sangat berkhasiat untuk kesehatan lainnya seperti dapat membantu membersihkan darah kotor. Darah kotor sendiri dapat memicu berbagi macam hal seperti jerawat, komedo dan berbagai masalah lainnya. Selain dapat menyembuhkan jerawat dari luar, ramuan sambiloto juga dapat di konsumsi untuk mengatasi permasalahan jerawat dari dalam.

Incoming search terms:

  • cara mengelola sandiloto yg baik
  • daun sandi
  • daun sandi lo
  • kegunaan daun mandala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation