Tanaman Herbal untuk Atasi Asam Lambung Tinggi

Asam lambung pada tubuh berfungsiuntuk mematikan bakteri penyakit yang dibawa masuk oleh makanan yang dikonsumsi. Kemudian asam lambung akan menstabilkan zat gula yang berasal dari penguraian sebelumnya serta dapat membantu merangsang produksi enzim pencerna protein. Karena fungsi tersebutlah yang mengharuskan semua makanan yang masuk ke tubuh harus bersentuhan dengan asam lambung.

Tanaman Herbal untuk Atasi Asam Lambung Tinggi

Asam lambung bisa menjadi naik atau turun karena dipengaruhi oleh kadar lemak yang ada pada protein makanan yang dikonsumsi. Semakin tinggi kadar lemak menyebabkan pH semakin asam. Pada lambung, derajat keasaman maksimal dari toleransi asam lambung yaitu dengan kadar pH 1.5 – 3.5 (asam) yang terdiri dari HCl asam hidroklorida, KCl kalium klorida, dan NaCl natrium klorida. Jika lebih rendah justru akan menyebabkan asam lambung tidak mampu untuk memproduksi enzim protein yang akan dicerna.

Ketika asam lambung naik, maka gejala yang sering timbul yaitu seperti rasa mual, mulas, kembung, gas berlebih dan ketidaknyamanan perut setelah makan. Menurut para ahli, asupan makanan yang kurang baik seperti makanan dengan kadar keasamannya tinggi dapat memicu meningkatkan produksi asam lambung di perut. Selain itu, pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur seperti sering mengalami stress dan kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan gangguan pada asam lambung.

Ketika mengalami beberapa gejala tersebut, biasanya obat asam lambung menjadi salah satu solusi yang banyak diplih untuk meredakan gejala asam lambung tinggi. Namun, selain obat-obatan kimia, Anda juga bisa mengobati asam lambung tinggi dengan memanfaatkan tanaman herbal untuk atasi asam lambung tinggi yang ada disekitar.

Tanaman Herbal untuk Atasi Asam Lambung Tinggi

Terdapat beberapa jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat asam lambung alami, diantaranya :

Mentimun

Salah satu jenis sayuran ini ternyata memiliki bahan yang dapat membuat asam lambung menjadi lebih baik. Dengan mengonsumsi mentimun secara rutin atau mencampurkannya dengan yoghurt, dapat membantu menetralkan asam lambung secara efektif.

Kencur

Bahan yang termasuk rempah-rempah ini sering tersedia didapur. Namun, apakah Anda tahu, selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata kencur ini juga memiliki manfaat untuk menetralkan asam lambung tinggi. Cara pemanfaatannya pun cukup mudah, siapkan kurang lebih 1 jari rimpang kencur yang telah di cuci bersih. Kupas dan kunyah kencur dengan garam secukupnya. Setelah itu, telan kencur dan minum air hangat. Lakukan terapi pengobatan tersebut 3 kali sehari secara rutin.

Tanaman Herbal untuk Atasi Asam Lambung Tinggi1

Pisang Raja

Buah pisang ini mampu melindungi selaput lendir lambung dari asam lambung karena mengandung antitukak peptik (anti luka pada lambung). Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu pilih pisang yang sudah tua tetapi belum matang. Potong pisang kecil-kecil menyerupai keripik dan jemur dengan cara diangin-angin. Setelah kering, blender atau tumbuk pisang tersebut hingga terlihat seperti tepung. Konsumsi ramuan terebut dengan cara mencampurkan 2 sendok bubuk pisang raja dengan madu asli. Konsumsi ramuan tersebut 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Kunyit

Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah diketahui sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung yang telah dilakukan, setelah pengobatan 12 minggu, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil yang setara dengan 4g) memperlihatkan perbaikan yang signifikan.

Untuk mendapatkan manfaat dari kunyit untuk atasi asam lambung, siapkan kurang lebih 2 jari tengah kunyit dan kupas kemudian cuci hingga bersih. Setlah itu, parut dan tambahkan air matang. Peras kunyit dan diamkan hasilnya. Ambil air perasan kunyit tersebut dan konsumsi 2 kali sehariĀ  pada pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Kacang Hijau

Tanaman herbal untuk atasi asam lambung yang terakhir yaitu kacang hijau. Kacang hijau ini mampu menebalkan lapisan lambung. Selain itu, juga bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu Anda cukup mengonsumsi bubur kacang hijau tanpa tambahan santan. Usahakan jangan terlalu lama ketika memasaknya. Konsumsi bubur kacang tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation